Penyakit Von Willebrand

Penyakit Von Willebrand Penyakit Von Willebrand (VWD) adalah kelainan perdarahan yang paling banyak diderita orang. Faktanya, ia bukan penyakit tunggal, tetapi penyakit keluarga. Jenis penyakit ini disebabkan oleh masalah Von Willebrand Factor (VWF) ini adalah protein dalam darah yang diperlukan untuk pembekuan darah.

Von Willebrand adalah kondisi yang terkait dengan pendarahan yang berlebihan.  Penyakit ini adalah bentuk penyakit pendarahan turunan yang paling umum.

Penyebab penyakit von Willebrand adalah kurangnya atau kesalahan pada protein yang disebut von Willebrand factor, yang merupakan komponen umum pada proses pembekuan darah. Umumnya, akan membutuhkan waktu lebih lama bagi mereka dengan von Willebrand dalam pembekuan dan menghentikan pendarahan ketika mereka terluka.

Pengobatan terhadap penyakit von Willebrand terfokus pada penghentian atau pencegahan pendarahan, umumnya menggunakan obat. Dengan perawatan yang tepat, mereka dengan von Willebrand dapat menjalani hidup secara normal.

Gejala

Pada banyak dari mereka dengan von Willebrand, tanda mungkin akan ringan atau bahkan tidak terlihat. Ketika tanda terjadi, intensitasnya dapat bervariasi. Pada bentuk yang lebih ringan, von Willebrand seringkali tidak terdiagnosis.

Pendarahan yang tidak normal adalah tanda umum dari von Willebrand, meskipun dapat terlihat pada tingkat keparahan yang sedang.

Pendarahan tidak normal yang dihubungkan dengan penyakit von Willebrand adalah :

  • Pendarahan pada hidung yang sering terjadi
  • Pendarahan pada gusi
  • Meningkatkan pendarahan menstruasi
  • Pendarahan yang berlebihan akibat terluka ataupun gigi tanggal dan prosedur kesehatan gigi
  • Darah pada kotoran atau urin

Pada mereka dengan von Willebrand juga mengalami :

  • Mudah memar
  • Memar dengan benjolan yang terbentuk di bawah lapisan kulit

Beberapa dari mereka dapat mengalami pendarahan hanya setelah prosedur operasi atau trauma serius dengan pendarahan yang berlebihan.

Tanda dan gejala von Willebrand pada wanita

Pendarahan menstrual yang berat sering merupakan tanda dari von Willebrand pada wanita. Bagaimanapun, banyak wanita dengan von Willebrand tidak mengetahui kondisinya karena mereka tidak mempermasalahkan menstruasi yang berat dan sering. Padahal pendarahan menstruasi berat dapat merupakan indikator dari von Willebrand.

Klasifikasi dari penyakit von Willebrand

Ada tiga klasifikasi umum dari penyakit von Willebrand :

Tipe 1

Tanda mungkin ringan pada tipe 1, yang merupakan bentuk umum von Willebrand. Pada tipe ini cenderung terjadi pada mereka dengan kemunduran kondisi von Willebrand factor dan faktor VIII, zat yang terbawa oleh darah yang membantu mendorong pembekuan darah.

Tipe 2

Pada tipe ini, tanda cenderung lebih hebat. Pada mereka dengan kondisi ini, von Willebrand factor menunjukkan fungsi yang tidak normal.

Tipe 3

Mereka dengan jenis yang langka ini, memiliki kadar von Willebrand factor dan faktor VIII yang rendah. Pendarahan dapat terjadi di dalam persendian dan otot, serta tanda dan gejalanya dapat menjadi parah.

Penyebab Dan Faktor Risiko

Penyebab

Penyebab von Willebrand adalah cacat pada gen yang mengontrol von Willebrand factor. Ketika faktor ini sedikit atau tidak berfungsi secara normal karena struktur yang tidak normal sel darah yang disebut platelet tidak dapat berfungsi secara normal. Hal ini akan mempengaruhi proses pembekuan darah dan pendarahan yang tidak terkontrol.

Faktor risiko

Sejarah keluarga denga von Willebrand adalah faktor risiko paling utama. Orang tua dapat menurunkan gen yang tidak normal pada anak mereka.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

url:avatars mds yandex net/get-images-cbir/8860119/QYtyz7QHzwVX0Gdy1mbFHg2270/orig, pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat