Jerawat Suatu Fenomena Biological Pada Kulit

Jerawat merupakan hal yang biasa terjadi pada remaja yang sudah akhil baligh. Jerawat disebabkan oleh perubahan hormon tubuh. Namun jerawat yang parah disebabkan oleh berbagai sebab seperti infeksi kuman (penyakit, alergi dan salah perawatan kulit.) Jika jerawat terjadi dengan buruk, maka harus dirawat untuk menghindari terjadinya jerawat parah / parut yang berkelanjutan.

Jerawat secara umum merupakan suatu fenomena biological yang terjadi pada kulit akibat dari masalah peradangan jaringan pada bagian kelenjar minyak di kulit manusia. jerawat sering muncul pada bagian kulit yang selalu berminyak seperti kulit muka dan kulit tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dalam bidang medis dermatologi telah menemukan hampir 50 jenis jerawat telah menjadi masalah pada pria dan wanita.

Jerawat Suatu Fenomena Biological Pada Kulit

Jerawat dalam bahasa Inggris “Acne Vulgaris”, yaitu masalah kulit yang terjadi pada Pilosebaceous (terdiri dari rongga rambut dan kelenjar minyak) pada bagian kulit. Masalah jerawat biasanya sering dialami oleh para remaja pubertas dan dewasa disebabkan oleh perubahan hormon tubuh yang normal.

Jerawat disebabkan oleh sel kulit yang mati atau karena produksi kelenjar minyak yang berlebihan.

Ada 3 jenis jerawat :

1. Komedo.

Komedo disebabkan pori-pori yang tersumbat karena sel kulit yang mati dan produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Penyebab lain berupa keringat, dan udara yang panas lembab.

2. Jerawat biasa.

Tonjolannya kecil, berwarna merah muda. Disebabkan karena pori-pori tersumbat bakteri. Penyebab lain karena udara kotor maupun stress.

3. Jerawat batu.

Tonjonlannya keras dan besar. Penyebabnya produksi kalenjar minyak di kulit berlebihan atau pun kulit yang sensitif.

Jerawat Pada Kulit remaja

Gejala.

Sebagaimana diketahui jerawat muncul di wajah dan bahu, tetapi bisa menyebar ke batang tubuh, lengan dan tungkai.

Pengobatan.

Terapi sinar X tidak dianjurkan untuk mengatasi jerawat. Terapi ini dapat merusak kulit. Jika jerawat yang muncul jenis komedo cukup dikompres air hangat. Tujuannya melunakkan komedo sehingga lebih mudah diangkat. Jika jerawat dalam atau batu perlu mengonsumsi antibiotik atas petunjuk dokter kulit.

10 TOPIK MENARIK LAINNYA

pepek anak SD, cara membuat handbody racikan makassar, cara melebatkan bulu kemaluan, DAUN wisa, cara menghitamkan tahi lalat, fakta reaksi minum jus nanas campur ragi, cara meracik handbody marina, cara melepas behel dengan baking powder, cara membesarkan tahi lalat, cara membuat lem behel sendiri